Informatroy: Bomber Jacket from Pilot to President

Wed, 30 Aug 2017 | By : Adit

Dahulu bomber jacket dikenal dengan nama flight jacket pada awalnya diperuntukan bagi para pilot pada masa Perang Dunia I, kala itu sebagaian besar pesawat militer tidak memiliki kokpit tertutup sehingga udara dingin di ketinggian dengan kecepatan pesawat dapat mengganggu para pilot militer, kebutuhan sesuatu untuk menjaga kehangatan para pilot selama penerbangan inilah yang kemudian melahirkan bomber jacket. Adalah Leslie Irvin orang pertama yang merancang dan memproduksi jaket penerbangan klasik dari kulit domba.

Dinamakan Bomber Jacket karena saat itu diciptakan untuk pilot pesawat tempur yang membawa bom. Mungkin jika diciptakan untuk para driver Ojek Online namanya akan  menjadi Ojol Jacket ahak ahak. Setelah perang Korea dan Vietnam jaket bomber mulai populer, hingga pada tahun 1950 jaket bomber mulai merambah pihak sipil, tak hanya dipakai oleh militer.

Dari yang awalnya berbahan kulit dan bulu yang saat itu diyakini mampu menjaga kehangatan tubuh dan ampuh menahan hempasan angin di udara namun berat saat dipakai, bahan pada jaket bomber mulai berganti menjadi wol atau nilon anti air yang dinilai lebih ringan namun tetap memiliki fungsi yang sama. Hingga saat inipun bahan terus berganti seiring perkembangan zaman, taslan dan parasit/parasut menjadi bahan yang populer untuk jaket bomber saat ini.

Akhir 60-an hingga 80-an semakin populer di Eropa karena nyaman dipakai sehari-hari dan dapat selalu digunakan walau berganti musim. Ditambah lagi jaket bomber sering digunakan dalam film-film keren pada era itu semakin menambah kedigdayaan sang jaket bomber.

Jaket Bomber mulai booming kembali ketika Bapak Presiden Jokowi tampil menggunakan jaket bomber di hadapan publik pada Sabtu dini hari 5 November 2016. Pak Jokowi mengaku jaket itu milik anaknya yaitu Mas Kaesang. Momen ini seolah-olah mengingatkan kembali masa kejayaan jaket bomber kala itu, banyak yang menginginkan jaket bomber sekedar latah dan mengikuti trend, ada juga yang menginginkan karena nostalgia dan rindu akan kenyamanan dan kehangatannya.

Buat kamu yang suka touring/berkendara khususnya di malam hari, jaket bomber ini cocok buat kamu karena sudah terbukti keampuhannya untuk menahan terpaan ganasnya angin malam dan sanggup menjaga kehangatan tubuh kamu.

TROY COMPANY juga punya dong jaket bomber kece badai yang bisa nemenin kamu berpetualang atau sekedar dipakai harian, kamu udah punya teman berpetualang dalam mahligai kehidupan belum? *eh